Sketsa wajah paper cutting untuk kado ulang tahun yang unik & eksklusif kepada sahabat laki-laki, pacar, ayah, kakek, paman, rekan kerja, atasan, boss

Apa jadinya kalau setiap hari kamu ganti boss? Kalau sekarang kamu d kantor dan harus report ke atasan kamu, malah kadang harus ke atasannya atasan, atau ada 2 atasan? Pusing ya..

 

Dulu itu yang saya alami waktu masih bekerja sebagai pegawai swasta, dalam 7 tahun saya bekerja, saya punya 3 atasan. Dulu saya selalu berpikir, “Enak kali yaa kalau kerja di bisnis sendiri, ga ada boss nya kecuali diri sendiri”.

 

Konsep saya tentang “boss” di kantor agak bergeser setelah boss saya yg ke-3 menyampaikan begini di sebuah rapat dengan manager-manager lainnya, boss bilang “Kalian kerja disini, boss nya bukan cuma saya meskipun kalian report ke saya, tapi rekan-rekan disini juga semuanya boss kalian. Kerjaan kalian menentukan performa dari teman-teman disini juga, karena kita 1 team. Ibarat mesin yang terdiri dari banyak atribut, tanpa salah satunya, mesin itu tidak dapat bekerja dengan baik atau bahkan tidak dapat bekerja sama sekali.”

 

Saat itu saya mengerti bahwa, ternyata boss saya bukan cuma 1 lho.. ada banyak ternyata, saat itu ada 13 divisi, jadi ada 13 boss tambahan di luar 1 boss utama. Ketika awalnya saya berpikir 1 boss saja sudah sulit, apalagi 14. Tapi dengan konsep teamwork, lama-lama terbiasa untuk “reach the target from each boss”.

 

Saya resign dari kantor di tahun 2014 untuk fokus di Cutteristic. Saat itu saya berpikir “Waa enak nih, uda ga ada boss! Ga harus bangun pagi, ga perlu buat laporan ini itu, ga ada yg complain kalau kerjaan salah, gw boss buat diri sendiri!”

 

Paling tidak itu yang saya rasakan sampai setahun pertama, sambil penyesuaian ritme kerja yang tadinya ada jadwal rutin, sekarang jadi tidak ada patokan jadwal. Tapi lama-lama saya merasa, saya bukan boss untuk diri saya sendiri, setiap client adalah boss. Client akan mengejar saya kalau design belum dikirim, client akan complain bahkan marah-marah kalau pesanan tidak sesuai, client akan menuntut hasil lebih diluar standar saya yang akhirnya membuat saya berkembang dan meningkatkan standar pekerjaan saya.

 

Dan setiap hari saya berganti boss, karena setiap hari saya berurusan dengan client yang berbeda-beda, kadang 1 hari bisa ada 3-4-6 client. Kalau sampai 4 keatas dalam 1 hari, saya perlu konsentrasi extra, haha. Setiap client/boss punya standar yang berbeda, punya request yang berbeda, dan saya harus memenuhi ekspektasi mereka supaya mereka puas dengan pekerjaan saya.

 

Ketika di dunia kerja, dari 3 boss saya belajar banyak, gaya kepemimpinan mereka berbeda, cara mereka menjalankan strategi bisnis, mengambil keputusan, I love to learn and I have learned a lot of things from them. Sampai tahun ini, sudah lebih dari 800 client yang saya tangani, semakin banyak lagi yang saya pelajari.

 

Aah… every boss gives me different challenge, and it makes me grow.. thank you my bosses..

 

I want to hear your story about your inspiring boss, wriThink it in comment section down below 🙂

You might also like this

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit