membuat seni paper cutting
Langkah-langkah membuat seni paper cutting

Seni adalah unsur penting dalam kehidupan manusia karena di sanalah muncul beragam keindahan serta kecantikan yang mewarnai dunia. Banyak ragam jenis seni yang sudah diciptakan sejak zaman dahulu kala, bahkan sejak abad ke-6, salah satunya adalah seni paper cutting yang semakin terkenal karena memberikan alternatif berbeda dari seni lainnya yang sudah lebih dahulu terkenal.

Apa itu seni paper cutting? Paper cutting adalah seni menggunting kertas yang diberikan sketsa gambar yang diinginkan dengan menggunakan cutter. Ia bisa menjadi hadiah atau pajangan di interior ruangan sehingga memberikan kesan menarik, unik, dan memikat mata.

Namun, seiring berkembangnya zaman, seni paper cutting menjadi semakin mudah untuk dilakukan di rumah. Tidak hanya para seniman yang sudah mempelajari hal ini sejak lama yang bisa melakukannya, Anda pun juga bisa. Untuk itu, berikut langkah-langkah tepat dalam membuat seni paper cutting.

Siapkan foto terbaik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat karya seni paper cutting adalah menyiapkan foto terbaik. Ya, biasanya papercutting menggunakan media foto wajah untuk dibuat sketsa. Anda perlu memiliki foto yang berkualitas tinggi (minimal lebar 1000px) agar sketsa yang nantinya Anda buat bisa diaplikasikan dengan baik tanpa ada masalah.

Tapi sebelum itu, Anda harus memastikan foto mana yang layak untuk dijadikan sketsa. Pilih foto terbaik yang Anda inginkan untuk dijadikan sketsa agar ketika dalam pelaksanaan pemotongan kertas, Anda tidak merasa menyesal. Panduan lengkapnya bisa Anda lihat di sini.

Gunakan illustrator untuk membuat sketsa

Langkah kedua yang harus Anda lakukan dalam membuat karya seni paper cutting adalah menggunakan Adobe Illustrator untuk membuat sketsa. Dari langkah-langkah yang ada, langkah nomor dua ini adalah langkah yang membutuhkan keterampilan dalam memakai software desain sehingga bagi Anda yang belum menguasainya, perlu untuk belajar terlebih dahulu agar sketsa yang nantinya ingin Anda dapatkan bisa Anda buat dengan lebih mudah.

Tapi tenang saja, dalam membuat sketsa menggunakan Illustrator, Anda bisa mempelajari dengan menonton video ini:

Video dari Cutteristic ini akan memberikan Anda petunjuk dalam membuat sketsa wajah dengan lebih mudah dan cepat.

Siapkan alat-alat yang tepat

Langkah ketiga yang harus Anda lakukan dalam membuat karya seni paper cutting adalah menyiapkan alat-alat yang layak untuk melakukan paper cutting. Alat-alat yang perlu Anda miliki agar pengerjaan paper cutting bisa berjalan lancar adalah cutter yang tajam dan dua lapis karton 400 gsm yang digunakan sebagai alat potong. Untuk alas potong sendiri sebenarnya lebih disarankan untuk memakai papan MDF atau karton tebal 3 mm agar hasil potongannya nanti lebih layak.

Ya, Anda hanya perlu menyiapkan alat pemotong dan alas untuk memotong sehingga proses pengerjaan bisa berjalan dengan lancar. Namun jika ingin menggunakan peralatan profesional, Anda bisa mendapatkannya melalui link Tokopedia berikut.

Pelajari teknik memotong

Langkah keempat sekaligus langkah terakhir yang harus Anda lakukan dalam membuat karya seni paper cutting adalah mempelajari teknik memotong.

Pada dasarnya, teknik memotong di dalam seni paper cutting tidak bisa dibilang susah, tapi tidak bisa dibilang mudah juga. Bagi Anda yang ingin mempelajarinya lebih dalam, Anda bisa mengikuti tata cara di dalam video yang sudah dibuat oleh Cutteristic berikut. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal sekaligus memuaskan.

Panduan membuat seni paper cutting

Itulah empat langkah dalam membuat seni paper cutting yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga seluruh langkah ini bisa Anda lakukan dengan lancar dan semoga hasil paper cutting yang sudah Anda buat bisa menghasilkan karya yang positif. Selamat mencoba!

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit