kado online untuk hadiah pernikahan
Tips memilih hadiah pernikahan – Photo Credit: Pexels

Pernikahan menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi setiap orang. Hal ini juga menjadi saat yang ditunggu-tunggu karena menjadi pengalaman sekali seumur hidup. Untuk merayakan serta memberi selamat berikut doa untuk kolega yang menikah, memberikan kado adalah hal yang biasa dilakukan.

Dengan kecanggihan teknologi, sekarang Anda tak perlu repot-repot datang ke toko untuk membeli hadiah. Anda bisa membeli kado online dari rumah atau tempat kerja. Sebelum itu, perhatikan dulu tips membeli kado online untuk hadiah pernikahan di bawah ini!

Menentukan jenis dan desain kado

Ada banyak jenis kado yang bisa diberikan sebagai hadiah pernikahan. Jika yang menikah adalah sahabat atau kerabat dekat, Anda bisa memberikan barang yang sifatnya sedikit personal seperti misalnya peralatan rumah tangga, set alat makan, alat-alat dapur, dan barang sejenis. Tapi, jika itu merupakan kolega perusahaan atau rekan kerja di mana Anda tidak terlalu dekat, bisa memilihkan kado yang sedikit lebih formal.

Misalnya saja wedding classic gift dari Cutteristic. Kado pernikahan eksklusif dari Cutteristic ini memiliki desain motif klasik Eropa seperti rose, flower bouquet, dan peony. Anda hanya perlu mencantumkan nama pasangan yang menikah, tanggal pernikahan, serta nama Anda sendiri sebagai pemberi kado. Wedding classic gift dari Cutteristic bisa sangat berkesan karena motif desainnya dibuat langsung oleh tangan seniman kertas berpengalaman, Dewi Kocu.

Desain wedding classic gift Cutteristic akan semakin terlihat sempurna dengan tiga pilihan bingkai yang ada, yaitu natural wood, natural white, dan natural black. Anda bisa memadukan sendiri desain dengan bingkai sesuai keinginan.

Ukuran kado

Membeli kado online untuk hadiah pernikahan kelihatannya memang gampang. Anda tinggal mencarinya di internet, melakukan beberapa klik, dan melakukan pembayaran. Tapi, jika Anda tidak memerhatikan hal yang satu ini, tentunya akan sangat merepotkan. Ya, mempertimbangkan ukuran kado adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Mengirim kado dengan ukuran yang besar akan sedikit merepotkan ketika memasuki tahap pengiriman, dan tentunya membutuhkan biaya yang lebih mahal.

Sebagai saran, pilihkan saja barang-barang yang ukurannya masih memungkinkan untuk dikirim melalui jasa pengiriman, terlebih bila pengiriman yang dilakukan antar kota. Beberapa contoh kado pernikahan yang masih aman dibeli dan dikirim adalah set peralatan makan, cangkir atau mug, bantal, serta wedding classic gift Cutteristic. Ada banyak ukuran wedding classic gift Cutteristic yang ditawarkan, mulai dari yang paling kecil 26 x 26 cm sampai 53 x 53 cm. Bisa untuk dipajang di dinding atau juga digantung pada dinding.

Lihat pricelist setiap produk yang akan dijadikan kado

Sebenarnya, setiap kado yang diberikan tidak harus yang berharga mahal, tetapi bagaimana bisa berkesan untuk orang yang dituju. Tetapi jika memang kado pernikahan tersebut untuk kolega perusahaan atau rekan kerja, maka memberi yang sedikit eksklusif bukan masalah. Meski begitu, tetaplah menyesuaikan dengan kemampuan dan budget yang dimiliki.

Pastikan harga yang ditawarkan untuk produk yang dijual sesuai dengan kualitas yang dimiliki. Bandingkan juga harga barang yang sama di beberapa penjual yang berbeda-beda. Pastikan tempat Anda membeli kado adalah yang tepercaya kualitasnya meski harga yang ditawarkan sedikit miring.

Cek ulang kesesuaian kado yang dipesan

Kado pernikahan paper cutting

Setelah Anda sudah yakin dengan jenis dan desain barang yang akan dipesan, cek ulang lagi pemesanan yang sudah dilakukan. Jangan sampai ada salah cetak nama, tanggal, atau kesalahan desain pada barang yang akan diberikan sebagai kado. Terlebih bila Anda berencana untuk mengirimkan kado tersebut secara langsung dari penjual kepada kolega yang menikah.

Kesalahan pada desain atau salah penulisan nama biasanya terjadi jika Anda membeli kado online untuk hadiah pernikahan yang dibuat secara handmade. Jadi, sebelum kado yang dibuat memasuki tahap pengerjaan, pastikan lagi semuanya sudah sesuai dengan keinginan Anda.

Jika memungkinkan, komunikasi langsung dengan penjual atau senimannya

Untuk menghindari kesalahan desain maupun detail lain untuk jenis barang-barang handmade, carilah yang memang memungkinkan Anda berkomunikasi langsung dengan sang penjual atau seniman. Jika berhubungan langsung dengan penjual atau senimannya, maka pesanan yang disampaikan bisa diterima langsung tanpa harus melalui pihak ketiga yang mungkin bisa menyebabkan kesalahan.

Jika Anda memesan desain paper cutting dari Cutteristic untuk hadiah pernikahan, maka Dewi Kocu sebagai seniman kertas akan secara personal melayani pemesanan yang dilakukan. Anda juga bisa berdiskusi dan berkonsultasi untuk menentukan bagaimana desain terbaik untuk dijdikan kado pernikahan.

Estimasi pengerjaan kado

Untuk kado handmade, seperti misalkan papercutting dari Cutteristic, akan ada waktu tambahan yang digunakan untuk proses pengerjaan. Karena setiap karya yang dibuat adalah eksklusif, di mana tidak ada desain motif yang sama antara satu karya dengan yang lain, maka Anda harus menunggu sang seniman kertas untuk membuatkan pesanan Anda. Hal ini juga berlaku jika Anda melakukan pemesanan kado lain yang dibuat secara handmade sesuai dengan pesanan.

Perhatikan juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengerjaan pesanan Anda. Biasanya dalam hitungan hari atau bahkan minggu. Jika memang tidak memungkinkan untuk memesan desain yang diinginkan, Anda bisa mencari model lain yang bisa lebih cepat proses pengerjaannya.

Untuk Cutteristic sendiri, biasanya butuh waktu tiga minggu di mana sudah termasuk waktu untuk konsultasi. Namun, jika Anda butuh dadakan, bisa dalam waktu kurang dari tujuh hari kerja namun terbatas untuk ukuran 38 x 38 cm ke atas saja.

Pertimbangkan cara pengiriman

Hal terakhir yang harus Anda pertimbangkan saat membeli kado online untuk hadiah pernikahan adalah cara pengiriman barang. Jangan sampai metode pengiriman kado bisa membahayakan atau bahkan merusaknya selama dalam perjalanan. Anda bisa terlebih dahulu menanyakan kepada penjual bagaimana ia akan mengirimkan barang pesanannya sekaligus packaging yang diterapkan.  Apakah penjual mengirim sendiri barang tersebut atau meminta bantuan jasa orang lain.

Misalkan saja Anda membeli kado yang bermaterialkan barang pecah belah. Anda harus pastikan bahwa penjual memberikan pengemasan yang aman dengan disertai bubble wrap, foam sheet, atau yang sejenisnya sehingga keamanan barang terjamin. Tanyakan apakah tanggung jawab kerusakan barang ada pada penjual atau jasa pengantaran yang digunakan jika saja barang yang diterima mengalami kerusakan.

Pastikan Anda juga menyampaikan doa dan harapan untuk pasangan yang sedang berbahagia dengan menyematkannya pada kado yang diberikan. Agar lebih everlasting, jangan tulis harapan tersebut pada kartu ucapan. Sebaliknya, jadikan salah satu bagian pada kado.

Dengan wedding classic gift Cutteristic, Anda bisa menambahkan kalimat ucapan serta untaian doa pada kado tersebut. Anda juga dibebaskan memilih kalimat apa yang akan disematkan. Misalkan saja casual wedding wishes seperti “Congratulations on your wedding”, religious wedding wishes, funny wedding wishes, dan wedding wishes dari keluarga. Semua bisa dibuat secara custom sesuai keinginan Anda.

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit