jenis-jenis plakat pembicara seminar
Apa saja jenis plakat pembicara seminar? – Photo Credit: Unsplash

Ketika Anda akan menyelenggarakan sebuah seminar, maka ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Tidak hanya lokasi seminar, waktu dan tanggal yang tepat, serta pembicara yang kompeten, tapi Anda juga perlu mencari plakat yang nantinya akan diberikan kepada pembicara yang mengisi acara seminar Anda.

Dari berbagai bentuk dan plakat yang tersedia di pasaran, berikut adalah jenis plakat yang layak Anda pertimbangkan untuk diberikan kepada pembicara seminar.

Plakat Kristal

Plakat kristal adalah produk plakat yang memiliki tampilan bening layaknya kristal yang indah. Dengan demikian, plakat kristal menjadi plakat dengan penampilan yang elegan, eksklusif, dan memiliki kesan berkelas. Walau tampilannya bening seperti kristal, plakat ini tetap bisa didapatkan dalam berbagai bentuk sesuai keinginan Anda.

Selain memiliki tampilan yang elegan dan berkelas, ada satu kelebihan lagi yang ada di plakat kristal tapi tidak ada di plakat jenis lainnya, yaitu efek 3D. Dengan plakat kristal, Anda bisa mendapat efek 3D yang tentunya sangatlah unik. Bahkan efek 3D ini bisa diaplikasikan untuk berbagai bentuk tulisan, bangunan, miniatur, hingga bentuk-bentuk lainnya. Tidak terbatas oleh apa pun. Kalau Anda mencari plakat yang berbeda daripada plakat yang lainnya, maka plakat kristal wajib Anda pertimbangkan untuk diberikan kepada pembicara di dalam seminar yang Anda selenggarakan.

Plakat Kayu

Berbeda dengan plakat kristal, plakat kayu adalah produk plakat yang memakai bahan dasar kayu agar bisa memberikan kesan kokoh, mewah, sekaligus berbeda daripada yang lainnya karena jarang ada plakat yang menggunakan bahan dasar kayu. Namun, ada kekurangan tersendiri dari jenis plakat ini. Anda tidak bisa mendapatkan berbagai bentuk yang terlalu beragam karena ada keterbatasan dari bahannya itu sendiri.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Biasanya plakat kayu diberikan tambahan hiasan seperti logam kuningan yang bisa dipesan dengan berbagai bentuk dan ukuran. Dengan logam kuningan yang terpasang di plakat ini, tentunya plakat kayu akan semakin terlihat elegan dan memberikan kesan indah. Selain logam kuningan, ada juga opsi untuk penambahan beberapa warna dan biasanya untuk semakin terlihat klasik, pemberian motif kotak-kotak dan batik lebih dianjurkan.

Plakat Resin

Plakat Resin yang biasa dikenal dengan nama lain plakat fiber adalah plakat yang memakai bahan fiberglass yang juga disebut resin. Ada dua kelebihan dari plakat resin yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih plakat ini.

Pertama, bahan fiberglass adalah bahan yang sangat fleksibel dibandingkan bahan-bahan untuk plakat lainnya. Dengan hal ini, maka Anda bisa mendapatkan bentuk yang sangat beragam. Tidak hanya plakat dengan desain biasa seperti kotak, segitiga, atau persegi panjang, tapi juga bisa dibentuk seperti kapal, mobil, motor, peta, hingga binatang seperti ikan dan lumba-lumba.

Yang kedua, plakat resin juga bisa menonjolkan gambar atau tulisan yang terkandung di dalamnya. Ini bukanlah efek 3D seperti di plakat kristal, tapi memang begitulah kelebihan dari plakat resin. Tanpa perlu adanya efek 3D, gambar, atau tulisan, plakat resin tetap terlihat seperti 3D.

Plakat Akrilik

Dari semua jenis plakat, plakat akrilik adalah plakat yang paling lazim digunakan dalam acara seminar untuk diberikan kepada pembicara karena memang paling mudah dan murah untuk dibeli. Plakat akrilik memiliki tampilan bening dengan tingkat ketebalan plakat yang bisa dipesan sesuai selera. Untuk pembuatannya sendiri harus menggunakan mesin laser berteknologi tinggi pada proses pemotongannya sehingga desain yang diminta bisa sesuai dan cocok dengan apa yang diminta.

Untuk bahan tulisan serta gambarnya sendiri, Anda bisa meminta untuk menggunakan kuningan, aluminium, print, print flatbed, stainless, dan sablon. Permainan warna yang cantik membuat plakat ini bisa didesain sesuai keinginan dan sangat layak diberikan kepada pembicara.

Plakat Paper Cutting

Inilah plakat yang paling berbeda daripada plakat-plakat yang sudah ada di pasaran atau pun yang sudah dituliskan di atas. Plakat paper cutting adalah plakat yang dibuat dengan menggunakan teknik paper cutting. Apa itu paper cutting? Paper cutting adalah teknik memotong kertas menggunakan cutter. Hasilnya, potongan kertas ini akan membentuk motif-motif tertentu sesuai keinginan pemesan. Bahkan jika Anda memesan plakat paper cutting di Cutteristic, Anda juga bisa mendapatkan paper cutting dengan sketsa wajah pembicara seminar.

Menerapkan teknik handmade, semua karya paper cutting di Cutteristic dibuat sendiri oleh Dewi Kocu selaku pendirinya. Sejak 2011 hingga kini, Dewi Kocu telah sukses membuat lebih dari 6000 karya paper cutting untuk 300 perusahaan baik dalam maupun luar negeri. Beberapa di antaranya bahkan berasal dari perusahaan-perusahaan ternama. Jadi, soal kualitas, tidak ada yang perlu Anda ragukan.

Ada cukup banyak jenis plakat pembicara seminar yang bisa Anda berikan. Namun, apabila ingin plakat yang memang unik dan berkesan, plakat paper cutting sangat layak dipertimbangkan. Teknik handmade yang diterapkan memberikan nilai yang lebih personal sehingga penerima pun akan merasa senang.

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit