Kado atasan
Bagaimana cara memberi kado pada atasan? – Photo Credit: Unsplash

Memberikan kado kepada orang-orang terdekat merupakan tindakan yang manis dan dapat semakin menghangatkan hubungan. Namun, bagaimana jika Anda ingin memberikan kado kepada atasan? Memberikan kado kepada atasan memang cukup tricky, jika salah langkah bisa jadi niat baikmu malah membuat suasana menjadi canggung. Namun, tidak perlu terlalu khawatir, Anda bisa ikuti panduan memberikan kado atasan agar tidak canggung di bawah ini. Check it out!

Mengajak teman kantor

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam memberikan kado atasan agar tidak canggung adalah dengan mengajak taman kantor untuk turut serta dalam pemberian kado tersebut. Dengan mengajak teman sekantor, Anda tidak hanya bisa meringankan jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk membeli kado, namun juga dapat meminimalkan timbulnya pandangan negatif dari teman sekantor lainnya. Karena bisa jadi Anda dicap caper alias cari perhatian.

Oleh karena itu ajaklah teman sekantormu untuk turut andil dalam pemberian kado kepada atasan kali ini. Memberikan kado bersama teman-teman kantor bisa meminimalkan ketidaknyaman yang mungkin atasan rasakan. Karena ada kemungkinan atasanmu merasa canggung menerima kado yang terlalu spesial Anda siapkan seorang diri. Untuk membuat niat tulusmu memberikan kado diterima tanpa prasangka, Anda bisa mempertimbangkan panduan satu ini.

Berikan kado pribadi secara rahasia

Apabila Anda ingin memberikan kado kepada atasan atas alasan pribadi, berikanlah kado tersebut secara rahasia. Misalnya, Anda ingin memberikan kado atasan sebagai bentuk rasa terima kasih atas bantuan yang telah diberikan selama Anda bekerja, untuk kado semacam ini sebaiknya Anda melakukannya secara pribadi dan rahasia tanpa diketahui oleh teman kantor lainnya. Memberikan kado pribadi secara terbuka hanya akan memicu timbulnya gosip di antara teman kerja.

Tidak perlu menceritakan kepada teman kantor bahwa Anda memberikan kado kepada atasan, terlebih bila kado yang Anda berikan mengandung alasan pribadi. Hal yang sama juga berlaku meski Anda dan atasan memiliki hubungan pertemanan yang kental di luar kantor. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memberikan kado yang sudah Anda siapkan di luar kantor agar tidak mengundang berbagai prasangka yang tidak perlu.

Pikirkan kado yang cocok untuk diberikan

Memberikan kado kepada keluarga atau sahabat mungkin tidak terlalu membingungkan karena Anda bisa bebas memberikan apa saja. Namun, sulit rasanya untuk menerapkan hal tersebut saat Anda ingin memberikan kado kepada atasan. Karena jika sembarangan memberikan kado, malah bisa membuat suasana jadi kurang menyenangkan. Tidak perlu terlalu berlebihan, hanya saja Anda sebaiknya tidak memberikan kado lucu atau konyol yang kurang menggambarkan perhatian.

Sebaiknya jangan memberikan kado kepada atasan berupa korek gas atau asbak meskipun atasanmu adalah seorang perokok. Memberikan kado seperti itu bisa memberikan kesan bahwa Anda mendukung kebiasaan yang sebenarnya kurang baik tersebut. Sebaliknya, Anda bisa memberikan sepatu olahraga, jersey klub favorit, atau barang-barang lebih bermanfaat dan disukai atasan lainnya. Meski sederhana, kado tersebut bisa bermanfaat dan digunakan atasanmu.

Perhatikan timing pemberian kado

Timing is everything, begitu pula dengan pemberian kado kepada atasan. Jangan sampai niat baikmu memberikan kado kepada atasan kurang bisa tersampaikan karena pemilihan timing atau waktu yang kurang tepat. Sebaiknya, berikanlah kado yang sudah Anda siapkan kepada atasan di waktu-waktu santai, seperti jam istirahat atau saat waktunya makan siang. Anda bisa juga memberikannya di pagi hari sebelum jam kerja sebagai kejutan kecil.

Memberikan kado di pagi hari kepada atasan sebelum memulai jam kerja bisa membuat harinya lebih menyenangkan. Yang terpenting adalah jangan sampai pemberian kado mengganggu jam kerja atau profesionalitas di kantor. Jangan lupa pula untuk memperhatikan suasana hati atasan. Bila sekiranya suasana hatinya sedang kacau karena satu hal tertentu, sebaiknya Anda simpan dulu kadomu untuk diberikan di saat yang tepat agar suasananya lebih nyaman dan menyenangkan.

Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat perayaan kecil-kecilan dengan kue tart serta lilin ulang tahun. Sisihkan sedikit waktu di saat istirahat atau jam pulang kantor untuk mengadakan perayaan ini. Nah, waktu inilah yang terbaik untuk memberikan kado kepada atasan.

Jangan lupa beri ucapan

Saat memberikan kado kepada atasan, Anda sebaiknya jangan lupa untuk mengucapkan sesuatu. Tentu saja ucapan yang disampaikan harus disesuaikan dengan tipe kado yang Anda siapkan. Misalnya kado ulang tahun, kado kenaikan jabatan, atau bahkan kado atas perhatian yang telah diberikan selama Anda bekerja di perusahaan yang dipimpin atasan. Selain mengucapkannya secara langsung, Anda juga bisa menyampaikannya melalui kartu ucapan.

Tidak perlu panjang, Anda cukup mengucapkan hal sederhana dan singkat namun mengandung ketulusan Anda. Hal tersebut dapat menambah kesan hangat antara diri Anda dan atasan. Anda bisa menuliskan kata-kata singkat seperti “Terima kasih atas dukungannya selama ini. Have a nice day!” atau beberapa ucapan sederhana lainnya. Jika Anda memberikan kado bersama teman-teman kantor, jangan lupa berikan identitas secara umum di bawah kartu ucapan.

Itulah informasi panduan memberikan kado atasan agar tidak canggung yang harus Anda ketahui. Bila Anda masih bingung memilih kado yang tepat bagi atasan, Anda bisa memberikan pajangan eksklusif berupa seni paper cutting buatan Cutteristic. Mulai dari berbagai motif batik hingga sketsa wajah, semua bisa dibentuk secara unik oleh Cutteristic. Segera kunjungi situsnya di Cutteristic untuk kado yang diinginkan.

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit