kado farewell expatriate Jepang
Rekomendasi kado farewell untuk rekan expatriate Jepang – Photo Credit: Pexels

Populasi kota-kota besar di Indonesia, mulai dari Jakarta, Medan, Makassar, hingga Balikpapan, tidaklah terlepas dari keberadaan penduduk expatriate (orang berkebangsaan asing yang tinggal di Indonesia, biasanya karena tugas negara atau bekerja). Salah satu penduduk expatriate terbesar di Indonesia adalah yang berasal dari Jepang. Bila Anda memiliki teman asal Jepang yang ingin kembali ke negara asalnya, ada baiknya Anda mempersiapkan kado farewell segera. Berikut beberapa inspirasi kado farewell untuk expatriate asal Jepang yang bisa Anda pertimbangkan!

Kopi dan teh khas Indonesia

Bila expatriate yang Anda kenal berencana pulang kampung, ada baiknya Anda menyiapkan kado yang dapat mengingatkannya tentang Indonesia. Salah satu kado yang layak dipertimbangkan adalah kopi atau teh khas Indonesia. Kado ini layak Anda pilih terutama jika penerima menyukai kopi atau teh. Indonesia yang dikenal kaya akan kopi dan the yang memiliki citarasa kopi yang lezat dapat menjadi kado sederhana yang spesial. Anda juga bisa memberikan coffee/tea cup bertuliskan Indonesia atau pun bercorak batik yang melambangkan kekayaan Nusantara.

Baju batik

Memberikan baju batik sebagai hadiah farewell juga bisa dipertimbangkan. Baju batik tentu saja akan mengingatkan penerimanya tentang Indonesia. Anda bisa memilih baju batik dengan warna kesukaannya. Berdasarkan budaya Jepang, warna biru merupakan salah satu warna populer yang sering digunakan sebagai warna pakaian. Biru yang melambangkan kesejukan, kepasifan, dan kesetiaan menjadi salah satu warna keberuntungan di Jepang. Tidak sedikit pula pekerja kantoran yang mengenakan pakaian berwarna biru, jadi baju batik berwarna biru bisa Anda pertimbangkan.

Tas kerja

Orang Jepang terkenal sebagai pekerja keras dan suka bekerja. Oleh karena itu, memberikan kado farewell yang berhubungan dengan pekerjaan bisa dipertimbangkan. Salah satunya adalah pemberian tas kerja. Memberikan tas kerja sebagai kado farewell terbilang cukup aman karena setiap orang tentu saja membutuhkan tas untuk bekerja. Untuk mengingatkannya dengan Indonesia, Anda bisa menghadiahkan sebuah tas buatan Indonesia. Lebih baik lagi jika Anda memberikan tas waterproof, sehingga tetap aman dibawa pulang meski saat hujan.

Tempat bekal

Mengonsumsi makanan sehat juga menjadi salah satu ciri khas orang Jepang. Untuk memastikan makanan yang dikonsumsi sehat dan sesuai dengan seleranya, tidak sedikit orang Jepang yang membawa bekal ke kantor. Bila teman expatriate Anda juga demikian, tidak ada salahnya bila Anda memberikan tempat bekal sebagai kado farewell. Salah satu jenis kado farewell yang cukup unik ini bisa makin spesial dengan menambahkan pesan agar ia dapat terus mengonsumsi makanan sehat dan dapat bekerja dengan semangat.

Sketsa wajah paper cutting

Sketsa wajah paper cutting untuk kado farewell expatriate Jepang

Kado selanjutnya yang cocok dijadikan kado farewell untuk expatriate asal Jepang adalah sketsa wajah paper cutting. Kado berupa sketsa wajah paper cutting bisa bisa meninggalkan kesan yang cukup mendalam bagi para expatriate yang menerimanya. Anda bisa memberikan sketsa wajah dengan latar belakang pemandangan atau batik yang khas Indonesia. Kedua background tersebut bisa dipilih untuk mewakili kesan dari pengalamannya selama berada di Indonesia. Bila tertarik memberikan kado satu ini, Anda bisa mempertimbangkan produk dari Cutteristic.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai inspirasi kado farewell untuk expatriate asal Jepang yang layak diketahui. Pastikan Anda menyiapkan kado farewell terbaik untuk memberikan kesan yang tidak mudah dilupakan bagi teman expatriate yang berencana kembali ke Jepang. Memberikan sketsa wajah dari Cutteristic juga sangat direkomendasikan. Semoga bermanfaat!

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit