kado farewell untuk klien
Memberi kado farewell untuk klien? – Photo Credit: Pexels

Dalam dunia kerja, mengakhiri kerja sama dengan klien menjadi momen yang penting. Pasalnya, meskipun hubungan kerja dengan klien tersebut sudah berakhir, Anda tetap harus menjaga hubungan baik bila saja ada kerja sama lagi di kemudian hari. Agar momen kerja sama meninggalkan kesan yang mendalam untuk klien, berikut beberapa inspirasi kado farewell untuk klien yang bisa Anda pilih sebagai tanda selesainya kerja sama.

Pena berukir nama

Anda pasti sudah sering melihat atau bahkan memiliki pena khusus dengan ukiran nama pemilik pada sisinya. Biasanya, pekerja kantoran dan bos besar perusahaan memiliki pena berukir nama untuk menandatangani surat-surat penting. Benda yang satu ini memang mungil, namun sangat fungsional dalam dunia kerja. Adanya ukiran nama pada sisi pena pun menambah kesan eksklusif. Anda bisa mencari penyedia jasa mengukir nama pada pena.

Carilah desain dan ukiran yang pas untuk klien Anda. Warna elegan seperti hitam dan emas bisa menjadi pilihan pena yang akan Anda berikan sebagai kado farewell untuk klien. Berikan kesan bahwa Anda sangat puas dengan kerja sama yang telah dilakukan. Tidak menutup kemungkinan jika klien menggunakan pena hadiah tersebut dan teringat perusahaan Anda untuk diajak kerja sama lanjutan di kemudian hari.

Mug

Selain pena, mug juga sering digunakan sebagai kado farewell untuk klien. Bekerja dengan ditemani segelas kopi atau teh hangat bisa menambah semangat bekerja. Mug juga bisa digunakan untuk pemakaian pribadi oleh klien saat di rumah. Kini, sudah banyak bentuk variasi mug yang dijual di pasaran. Jika ingin terlihat formal, bisa pilih mug dengan bentuk yang wajar dan berwarna netral. Tetapi, jika Anda mengenal lebih dekat karakter klien, Anda bisa membuat mug custom yang sesuai dengan pribadinya.

Anda bisa pilihkan warna favorit dari klien jika mengetahuinya. Kemudian jika ingin terkesan lebih personal, bisa menambah desain tulisan atau karakter pada mug yang akan diberikan sebagai kado farewell untuk klien. Anda bisa menemukan mug custom ini di toko fisik maupun online. Jangan lupa untuk membungkus mug dengan tampilan yang rapi dan menarik.

Sketsa wajah dari paper cutting

Paper cutting adalah seni ukir kertas di Indonesia yang dilakukan seorang ahli menggunakan cutter pada kertas PVC. Sebuah kado farewell untuk klien yang cocok karena modelnya yang eksklusif. Desainnya pun bermacam-macam, bisa berupa sketsa wajah yang dibuat dari kertas dan tentunya murni buatan tangan. Kertas yang sudah dibentuk sketsa wajah kemudian dibingkai dalam bingkai kayu. Anda bisa lihat langsung berbagai macam desain yang diinginkan di Cutteristic. Jika mengalami kebingungan bagaimana desain yang sebaiknya dipilih untuk klien, bisa berkonsultasi langsung ke paper artist-nya.

Cutteristic juga sudah dipercaya sebagai pusat pembuatan kado untuk berbagai macam kegiatan perusahaan-perusahaan besar ternama di Indonesia. Beberapa kliennya adalah Pertamina, KPK, Kemnaker, hingga Google. Anda tidak perlu ragu memesan kado farewell untuk klien di Cutteristic.

Tanaman hias mini

Klien akan selalu mengingat kerja sama yang berkesan dengan Anda jika melihat tanaman mini ini di meja kantornya. Adanya tanaman hias mini sebagai kado farewell untuk klien juga akan mempercantik meja kerjanya. Beberapa jenis tanaman yang bisa Anda pilihkan sebagai kado perpisahan adalah kaktus, melati, dan soka. Kaktus menjadi pilihan pertama karena perawatannya yang mudah dan bentuknya yang kecil dalam pot.

Terlebih, tanaman kaktus yang biasa digunakan untuk kado, memiliki bentuk beragam dan berbeda satu dengan yang lainnya. Anda bisa pilihkan bentuk yang unik sebagai kado klien. Agar lebih menarik, Anda bisa menambahkan pot untuk kaktus dengan warna dan bentuk yang unik. Sekarang sudah banyak yang menjual kaktus sebagai tanaman hias dengan ukuran mini disertai dengan pot.

Memberikan kado farewell untuk klien memang bukanlah sebuah hal wajib yang harus dilakukan. Namun, hal ini bisa menjaga hubungan baik serta memperkuat relasi bisnis yang terjalin. Jika awal kerja sama berlangsung dengan baik, mengakhirinya juga tidak boleh kalah baik lagi. Semoga klien suka dengan kado farewell yang Anda berikan.

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit