kado pensiun
Memilih kado atasan yang akan pensiun – Photo Credit: Unsplash

Memberikan kado untuk atasan yang akan pensiun mungkin menjadi hal yang membingungkan bagi Anda. Pastinya, Anda berpikir bahwa kado atasan haruslah dengan harga yang mahal karena jabatannya yang lebih tinggi. Namun, sebenarnya kado untuk atasan yang akan pensiun bukan tentang harga yang mahal, namun manfaat yang bisa diberikan.

Atasan Anda pastinya memerlukan barang yang bisa dipakai untuk mengisi waktu luangnya di masa pensiun. Kado atasan juga layaknya sebuah penghargaan dan ucapan terima kasih atas dedikasinya selama bekerja.  Selain itu, yang lebih penting dari sekadar harga barang adalah niat tulus dari Anda.

Jam tangan

Jam tangan merupakan kado atasan yang paling umum diberikan. Selain karena terlihat formal, jam tangan juga bisa dikenakan sehari-hari sebagai penunjuk waktu. Tak jarang jam tangan juga menjadi aksesoris tambahan untuk melengkapi penampilan. Umumnya, para atasan di kantor mengenakan jam tangan bermerek dengan harga yang cukup mahal. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa patungan dengan rekan kerja yang lain.

Perhatikan desain jam tangan yang akan diberikan sebagai kado atasan sesuai dengan umur atasan Anda. Untuk atasan wanita, jam tangan minimalis dengan ukuran yang kecil bisa menjadi pilihan. Sedangkan untuk atasan pria, bisa mencari jam tangan dengan warna hitam agar netral dan elegan. Atasan pasti akan sangat berterima kasih dengan kado yang Anda berikan.

Scarf

Untuk kado atasan wanita yang akan pensiun, Anda bisa membelikan scarf dengan berbagai motif. Setiap hari, Anda pasti melihat bahwa atasan Anda selalu tampil cantik, rapi, dan sangat modis. Meski sudah akan pensiun, jangan sampai atasan Anda tidak memiliki kesempatan untuk berdandan dengan berbagai macam outfit. Untuk itulah scarf bisa dijadikan pilihan kado atasan.

Berikan beberapa helai scarf dengan berbagai motif dan warna. Pertimbangkan merek yang sudah terkenal karena memang memiliki kualitas yang bagus. Jangan sampai Anda memberikan kado atasan dengan bahan yang mudah rusak. Ini sama saja dengan tidak menghargainya sebagai atasan. Anda bisa patungan dengan rekan kantor yang lain untuk membelikan kado perpisahan atasan.

Video nostalgia

Setelah pensiun, atasan akan lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Mungkin saja ia teringat dan merasa rindu dengan pekerjaan kantor yang biasa dilakukan bersama karyawannya. Anda bisa memberikan kado sederhana berupa video nostalgia yang berisi foto-foto kebersamaan atasan dengan karyawan lain saat masih berada di kantor.

Foto menjadi obat paling mujarab untuk mengobati rasa rindu. Selembar foto bisa bicara lebih banyak dari kata-kata. Untuk itulah mengapa video berisi foto saat liburan kantor atau makan malam dengan tim dan berbagai aktivitas lainnya bisa dijadikan kado untuk atasan yang akan pensiun. Selipkan kata-kata perpisahan dan terima kasih atas apa yang telah dilakukan atasan selama bekerja. Lagu kesukaan atasan bisa dijadikan latar video.

Peralatan yang menunjang hobinya

Atasan Anda pastinya memiliki aktivitas favorit yang sering dilakukan. Mestinya, saat sudah pensiun ia akan memiliki banyak waktu untuk melakukan hobinya tersebut. Jadi, mengapa tidak membelikan peralatan yang menunjang hobinya tersebut? Selama bekerja bertahun-tahun dengan Anda, pastinya mencari tahu hobi atasan bukan hal yang sulit. Namun, jika memang belum tahu, bisa tanyakan ke sekretaris pribadinya atau orang-orang terdekat.

Misalnya saja atasan Anda suka bermain golf yang memang menjadi hobi banyak bos besar di perusahaan. Anda bisa membelikan stik atau bola golf untuk kado atasan. Baju dan sepatu untuk bermain golf juga bisa masuk daftar kado untuk atasan yang akan pensiun.

Selain kado yang berkaitan dengan olahraga favorit, bila atasan Anda senang mengoleksi sesuatu, Anda bisa ikut melengkapi koleksinya melalui kado yang diberikan sebagai tanda perpisahan. Siapa tahu atasan Anda senang dengan lilin aroma terapi dan menjadikannya koleksi. Anda bisa memberikan lilin dengan berbagai aroma dan variasi bentuk yang berbeda saat atasan akan meninggalkan kantor untuk pensiun.

Ukiran batik dari kertas

Cutteristic adalah seni memotong kertas menggunakan cutter, yang mengaplikasikan motif-motif kuno tradisional Indonesia yang selama ini kita temukan di kain, untuk diolah ke medium baru, yaitu paper cutting.

Atas dedikasi dan kerja keras atasan selama memimpin, kado berupa batik thank you gift dari Cutteristic rasanya sangat tepat. Kado atasan ini sangat pantas diberikan karena terlihat formal dan eksklusif dengan bingkai motif batik yang dibuat dari kertas dengan cara dipotong menggunakan cutter. Anda juga bisa memberikan tulisan berupa ucapan perpisahan dan terima kasih, kemudian menyertakan nama atasan dan logo atau nama perusahaan tempat Anda bekerja.

Rencanakan pembuatan kado ini bersama dengan atasan yang baru dan rekan kerja yang lain. Dengan begitu, atasan yang akan pensiun akan merasa sangat dihargai dan dihormati oleh semua karyawan kantor dengan memberikan kado terima kasih atas kerja kerasnya.

Anda bisa memilih desain batik yang sudah disediakan pada website Cutteristic. Setidaknya ada dua belas desain batik yang bisa Anda pilih. Desain batik yang digunakan merupakan motif tradisional Indonesia. Ada batik mega mendung, parang barong, hokokai, tumpal mekar, hingga kawung singasari.

Peralatan dapur

Jika bos wanita Anda yang akan pensiun, salah satu kado atasan yang bisa diberikan adalah satu set peralatan memasak. Ia bisa menghabiskan masa pensiunnya dengan memasak dan mencoba resep baru yang belum sempat dicoba karena sibuk bekerja. Set peralatan masak yang bisa Anda berikan bisa berupa panci saucepan, wajan fry pan, tutup kaca, spatula, dan spons.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan satu set peralatan memasak yang lebih spesifik, misalnya saja satu set pisau atau satu set penggorengan dengan berbagai macam fungsi. Anda bisa membeli peralatan masak ini di mana pun. Jangan lupa untuk membungkusnya dengan rapi seperti parsel disertai dengan kartu ucapan perpisahan.

Sketsa wajah

Sketsa wajah paper cutting untuk kado farewell perusahaan yang unik & eksklusif, tanda perpisahan untuk atasan, bos/kolega

Cutteristic tidak hanya menyediakan kado untuk atasan yang akan pensiun berupa bingkai batik dengan ucapan terima kasih, namun juga bisa membuat sketsa wajah yang dibuat dengan teknik paper cutting. Jika kebanyakan gambar sketsa wajah sebagai kado farewell dibuat dengan cara dilukis atau kolase dari beberapa foto dengan teknik editing komputer, Cutteristic membuatnya dari kertas yang dibentuk dan dipotong dengan menggunakan cutter.  

Adanya sertifikat pada setiap karya dari Cutteristic membuat setiap kado atasan yang diberikan sangat eksklusif karena disertai nomor seri unik sebagai tanda bahwa karya tersebut asli buatan tangan dari Cutteristic.

Jika berminat memberikan kado untuk atasan yang akan pensiun berupa sketsa wajah dari Cutteristic, Anda bisa menyiapkan foto beresolusi tinggi dari atasan Anda. Usahakan tidak hanya memberikan satu foto agar sang seniman kertas, yaitu Dewi Kocu, bisa memilih mana yang terbaik.

Untuk mengisi waktu luang di masa pensiun atasan, Anda juga bisa merekomendasikan workshop tentang paper cutting yang diadakan oleh Cutteristic. Dalam workshop akan diajarkan bagaimana cara membuat seni dengan menggunakan kertas yang dibentuk menggunakan cutter. Belajar paper cutting juga bisa dilakukan di rumah dengan cara mengunduh pola yang disediakan pada website Cutteristic secara gratis.

Dengan memberikan kado-kado di atas, atasan Anda akan merasa senang. Ia pun dapat meninggalkan kantor dengan perasaan lebih lega, mengetahui bahwa kerja kerasnya selama ini mendapat apresiasi. Masa pensiun pun bisa dijalani dengan lebih tenang.

You might also like this

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit