memberikan kado ultah expatriate
Perhatikan hal-hal berikut sebelum memberi kado ultah expatriate – Photo Credit: Pexels

Memberikan kado ultah expatriate tentu tidak semudah seperti ketika Anda memberi hadiah pada kerabat yang berkewarganegaraan Indonesia. Perlu diketahui, sebagai orang asing yang tinggal di tanah air untuk urusan pekerjaan atau kepentingan lainnya, tentu expatriate akan memiliki kebiasaan dan selera yang berbeda. Untuk itu, Anda tidak bisa memberikan kado secara sembarangan untuk expatriate.

Selain memperhatikan jenis kelamin dan usia, ada beberapa hal yang juga perlu Anda perhatikan sebelum memilih kado ultah expatriate. Seluruhnya akan dibahas tuntas dalam artikel berikut ini. Simak baik-baik dan jangan sampai ada yang terlewatkan, ya!

Pertimbangkan budaya asal negara

Mempertimbangkan asal negara expatriate merupakan salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan sebelum memberikan kado ulang tahun. Pasalnya, mereka tentu akan memiliki preference yang berbeda dengan Anda. Hal-hal yang menurut Anda bagus, belum tentu bagus bagi para expatriate. Selain itu, pelajari juga latar budaya yang dimiliki oleh expatriate agar barang yang Anda berikan tidak dianggap membawa nasib buruk baginya.

Misalnya saja, warga negara Swedia cenderung menolak kado berupa sapu tangan sutra karena dianggap membawa kesedihan. Hal ini juga berlaku pada expatriate asal Tiongkok di mana memberi kado ultah berupa jam tangan dapat dianggap sebagai penanda adanya musibah atau kesedihan di masa mendatang. Anda juga dilarang memberi kado berupa sisir untuk warga Thailand, sebab dalam kebudayaannya sisir merupakan pertanda Anda menginginkan hubungan yang renggang.

Di sisi lain, apabila expatriate berasal dari Amerika Serikat, Anda dilarang memberi barang dengan jumlah 13 karena dianggap sial oleh warga negeri Paman Sam tersebut. Sama seperti halnya expatriate Jepang yang menganggap jumlah 9 sebagai upaya penyiksaan. Sebaliknya, bagi expatriate India, angka ganjil justru merupakan pertanda keberuntungan dan membawa nasib baik.

Cari tahu hal-hal yang disenangi

Sama seperti ketika Anda akan memberi kado untuk orang tersayang, cari tahu terlebih dulu hal-hal yang disenangi. Misalnya, jika expatriate yang berulang tahun hobi traveling, Anda mungkin bisa memberikan kado ultah berupa voucher hotel atau tiket pesawat. Namun, jika ternyata orang tersebut lebih senang membaca buku, maka tidak ada salahnya Anda memberi kado buku-buku sejarah nusantara atau bacaan menarik tentang kebudayaan dan pariwisata Indonesia yang membuatnya semakin betah tinggal di tanah air.

Pastikan Anda tahu betul hal-hal yang disenangi sehingga hadiah yang diberikan dapat digunakan secara optimal. Hal-hal yang disenangi tentu tidak terbatas pada hobi saja, Anda juga bisa memberikan kado ultah expatriate sesuai warna kesukaannya. Memberi sebuah hadiah yang tidak disenangi tentu akan menjadi sia-sia, bukan?

Hindari memberi barang yang sudah dimiliki

Selanjutnya, hindari memberikan kado ultah expatriate berupa barang-barang yang sudah dimiliki. Mulai dari dasi, kemeja, dompet atau barang-barang lain yang sekiranya tidak sedang ia butuhkan. Oleh karena itu, Anda wajib mencari tahu lebih detail tentang benda-benda yang tidak dimiliki atau sedang diinginkan olehnya. Dengan begitu, hadiah ulang tahun yang Anda berikan dapat lebih berharga dan bermakna.

Untuk itu, disarankan agar hadiah yang Anda berikan berupa karya seni handmade sehingga sulit dijumpai di toko-toko yang biasa dijumpai. Salah satunya adalah produk paper cutting dari Cutteristic yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pemesan, bisa untuk kado personal ataupun corporate. Sketsa wajah yang dibuat akan sangat mirip bahkan persis sesuai dengan wajah dalam foto yang Anda kirimkan.

Sesuaikan dengan bujet

Tidak kalah pentingnya, Anda juga wajib menyesuaikan kado ultah expatriate dengan bujet yang dimiliki. Jangan memberi barang-barang berharga mahal dan mewah yang tidak terjangkau. Untuk itu, sebaiknya tentukan bujet sebelum memberikan hadiah untuk expatriate. Pastikan Anda tidak membeli di luar kemampuan finansial pribadi agar tidak memberatkan diri sendiri. Anda juga bisa mengajak teman-teman yang lain untuk memberi hadiah secara patungan agar lebih terjangkau dan tidak memberatkan satu pihak.

Pilih kado yang fleksibel dan tahan lama

Tentu saja Anda ingin memberikan kado spesial yang bisa dikenang dalam jangka waktu lama, mengingat expatriate biasanya tinggal dan bekerja di Indonesia hanya pada kurun waktu tertentu dan akan kembali ke negaranya masing-masing setelah masa kerja usai. Untuk itu, pilih kado yang fleksibel sehingga memudahkannya untuk membawa dan memindahkannya kapan saja dan di mana saja. Selain itu, pilih jenis barang yang bisa tahan lama dan tidak mudah rusak.

Anda bisa memberikan kado ultah expatriate berupa sketsa wajah paper cutting dengan latar belakang batik yang khas Indonesia. Di Cutteristic Anda bisa memesan kado sketsa wajah dengan paper cutting berkualitas. Kado bernilai seni tinggi ini tentu akan menjadi kenang-kenangan bagi expatriate selama bekerja bersama Anda di Indonesia. Tak jarang expatriate akan ikut mempromosikan karya tersebut pada teman-teman di negara asalnya.

Berikan di waktu yang tepat

Sebelum memberikan kado ultah expatriate, pastikan kembali bahwa Anda telah mengetahui tanggal ulang tahunnya dengan tepat. Pasalnya, mereka tidak segan untuk menolak pemberian Anda jika ternyata bukan hari ulang tahunnya. Selain itu, hindari memberi kado ultah di rumah atau berkunjung langsung ke tempat tinggalnya. Hal ini akan dianggap mengganggu privasi kehidupan pribadinya. Untuk itu, sebaiknya Anda berikan kado ketika bertemu di kantor atau saat istirahat jam makan siang. Dengan begitu, ia akan menerima kado dari Anda dengan senang hati.

Jangan lupa menambahkan ucapan berkesan

Last but not least, jangan lupa menambahkan ucapan dan harapan yang berkesan di hari ulang tahun expatriate. Anda bisa menuliskan ucapan ini pada selembar kertas berwarna lalu memasukkannya ke dalam amplop di atas permukaan kado. Namun, jika ingin lebih rahasia, maka Anda bisa menempelkan kartu ucapan pada barang yang diberikan sebelum dibungkus kado. Dengan begitu, expatriate dapat membaca ucapan ulang tahun Anda.

Cara lain yang lebih menarik tentu dengan menuliskan kesan-kesan Anda selama mengenal expatriate tersebut. Semakin baik ucapan yang Anda berikan, tentu akan semakin berkesan pula kado ultah expatriate yang diberikan.

Sketsa wajah paper cutting untuk kado farewell perusahaan yang unik & eksklusif, tanda perpisahan untuk atasan, bos/kolega
Memberi kado ultah expatriate sesuai hobinya

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memberi kado ultah expatriate. Apabila tertarik memberikan sketsa wajah paper cutting, percayakan kebutuhan Anda pada Cutteristic. Berdiri sejak tahun 2011 silam, Cutteristic sudah menciptakan lebih dari 1500 sketsa wajah yang secara eksklusif dibuat untuk masing-masing pelanggan. Mulai dari individu hingga perusahaan berskala nasional dan internasional.Bahkan setiap karya sketsa wajah yang dibuat oleh Cutteristic akan memperoleh Certificate of Authenticity yang dilengkapi dengan nomor seri khusus sehingga membuatnya semakin eksklusif. Cutteristic merupakan pelopor seni ukir kertas dengan cutter di Indonesia, sehingga Anda tidak lagi perlu meragukan kualitas hasil karya yang dihasilkan.

You might also like this

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit