Kado atasan
Ingin memberikan kado atasan? – Photo Credit: Unsplash

Sebagai seorang karyawan, mungkin terbesit di benak Anda untuk memberikan kado kepada atasan Anda di hari spesialnya. Semisalnya saja saat hari ulang tahun, keberhasilan dalam dunia kerja, dan hari besar lainnya. Namun, Anda juga merasa canggung saat memberikan kado atasan tersebut. Tidak perlu khawatir, dengan memperhatikan tujuh hal ini, setidaknya Anda bisa meminimalisir rasa canggung tersebut dan memberikan kado atasan terbaik. Berikut ulasannya yang patut diperhatikan.

Sebaiknya dilakukan bersama rekan sekantor

Saat Anda ingin memberikan kado atasan, sebaiknya lakukanlah bersama rekan kerja sekantor. Ini lebih dikarenakan karena faktor ekonomis dan meminimalisir adanya pandangan negatif di kantor Anda. Dari segi ekonomi, jelas dengan melakukannya bersama rekan sekantor akan lebih murah. Sementara jika Anda berinisiatif sendiri saat memberinya kado, mungkin saja bisa dianggap cari muka pada atasan.

Hal tersebut bukan bermaksud berburuk sangka, tetapi faktanya dalam dunia kerja, hal seperti ini sering terjadi. Keuntungan lain jika Ada memberikan kado atasan secara bersama-sama adalah akan menambah solid hubungan kerja antar karyawan. Selain itu juga bisa mempererat hubungan kerja baik atasan dan bawahan.

Jangan lupa ucapkan sesuatu

Memberikan kado atasan sebaiknya jangan dilakukan begitu saja, maksudnya jangan hanya memberi lalu selesai. Ada baiknya Anda menambahkan kata-kata penyemangat, baik secara lisan maupun secara tulisan melalui kertas kecil. Mengucapkan kata-kata ini janganlah terlalu panjang, yang penting dapat memunculkan kesan mendalam.

Anda dan rekan kerja bisa menuliskan kata-kata semisalnya ucapan terima kasih karena telah membimbing selama bekerja, kata penyemangat saat bekerja, dan sebagainya. Jangan lupa juga cantumkan nama Anda atau divisi kerja di kantor saat memberikan kado atasan tersebut agar bos tahu siapa yang memberi kado tersebut.

Perhatikan waktu tepat memberi kado

Memperhatikan waktu saat memberikan kado juga penting untuk Anda dan rekan sekantor pertimbangkan. Jangan sampai alih-alih membuat atasan senang atau berkesan, justru malah membuatnya berantakan karena waktu yang tidak tepat saat memberi kado. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Sebaiknya pilih waktu memberikan kado atasan di saat-saat santai, saat boss sedang tidak ada pekerjaan menumpuk, atau pada waktu istirahat. Selain itu, yang terpenting adalah jangan sampai acara memberikan kado tersebut mengganggu waktu Anda bekerja di kantor. Tetaplah bersikap profesional agar pekerjaan tidak terganggu dan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Hati-hati dalam memilih barang

Memilih barang untuk kado atasan memang gampang-gampang susah. Anda harus benar-benar memperhatikan barang apa yang disukainya dan apa yang tidak disukainya. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah jangan memberinya hadiah yang konyol. Contohnya, jika bos Anda suka merokok, Anda tidak harus membelikannya asbak atau rokok mahal semisalnya.

Lebih baik berikan kado yang sesuai dengan hobinya dan lebih bermanfaat. Semisalnya saja bos Anda suka dengan sepakbola, Anda dan rekan sekantor bisa memberinya jersey tim kesayangannya atau pernak-pernik lain yang berhubungan dengan tim kesayangan tersebut.

Rahasiakan kado atasan

Mungkin atasan Anda lupa dengan hari spesialnya. semisal saat ulang tahun karena kesibukannya. Sebagai bawahan yang baik, Anda patut mengingatkannya. Salah satunya adalah dengan memberikan kado untuk atasan. Meski sederhana, cara ini cukup efektif untuk meningkatkan ikatan kerja antara atasan dan bawahan.

Saat memberikan kado atasan, sebaiknya bos atau atasan jangan sampai mengetahuinya. Hal ini untuk memberikan kejutan yang tidak terbayangkan oleh bos Anda. Cara inilah yang akan membuatnya makin berkesan baginya.

Ingat, kado atasan bukan untuk mencari keuntungan

Ini yang sebaiknya penting untuk Anda dan rekan sekantor hindari, yakni jangan bermaksud mencari keuntungan sendiri saat memberikan kado atasan. Tujuan Anda memberikan kado hanyalah untuk membuat atasan merasa senang dan berkesan di hari istimewanya. Jangan sampai ada maksud lain atau kesan ‘cari muka’ karena menginginkan sesuatu lebih, semisalnya kenaikan jabatan.

Berikanlah kado atasan tersebut dengan didasari rasa hormat pada atasan dan Anda tulus memberikannya. Dengan alasan seperti ini, Anda tidak akan dipandang negatif oleh teman sekantor maupun atasan. Jadi, semua pihak tidak ada yang curiga atas pemberian tersebut dan bekerja pun menjadi lebih nyaman.

Berikan hadiah yang berkesan

Terakhir yang perlu diperhatikan adalah berikanlah hadiah yang berkesan kepada atasan. Hadiah yang berkesan tidaklah selalu barang yang mewah atau mahal. Anda pribadi maupun bersama rekan sekantor bisa memberinya hadiah yang berguna, bisa digunakan, dan mudah diingat.

Salah satu yang layak dipertimbangkan adalah kado berupa kerajinan paper cutting dari Cutteristic, yakni seni mengukir kertas menggunakan cutter. Anda bisa membuat siluet wajah atasan Anda dengan latar motif batik semisalnya. Kerajinan ini bisa ditempelkan di dinding ruang kerja atasan sehingga bisa membuat kesan lebih menarik dalam ruangan.

Bagaimana, setelah membaca ulasan ini, sudahkah Anda menyiapkan kado atasan terbaik di hari spesialnya?

Related Post

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit