yang harus ada pada plakat pemateri seminar
Apa saja yang harus ada pada plakat seminar? – Photo Credit: Pexels

Plakat pemateri seminar merupakan sebuah barang yang wajib ada dalam seminar. Biasanya barang ini digunakan dalam seminar untuk menyampaikan rasa terima kasih atau sebagai bentuk penghargaan kepada pemateri seminar. Dengan demikian, pemateri seminar pun akan merasa dihargai setelah membagikan ilmu dan pengetahuannya kepada audiens seminar.

Meski perannya terbilang krusial, ternyata masih banyak yang belum mengetahui dengan pasti apa saja hal yang harus ada pada plakat pemateri seminar. Apabila hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya mulailah membaca artikel di bawah. Di dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai apa saja yang harus ada pada plakat pemateri seminar. Mari kita simak bersama-sama!

Nama penerima plakat

Saat memberikan plakat, Anda tentu sudah mengetahui kepada siapakah barang tersebut ditujukan. Nah, untuk itulah dalam plakat seharusnya tercantum nama penerima plakat. Dengan demikian, penerima plakat mengetahui bahwa barang tersebut memang ditujukan kepadanya. Selain itu, penulisan nama juga berfungsi untuk membedakan plakat satu dengan plakat lain.

Tulisan nama biasanya menjadi tulisan plakat pemateri seminar yang paling mudah terlihat mata. Jadi, apabila muncul kesalahan seperti typo, maka akan langsung terlihat. Untuk menghindari hal tersebut terjadi pada Anda, pastikanlah nama pemateri seminar dengan teliti. Tanyakan pula apakah ia menginginkan nama lengkap, nama dengan gelar, atau hanya nama saja. Pastikan juga untuk mencantumkan jabatan pemateri. Tujuannya tidak lain adalah supaya penerima plakat tidak merasa kecewa dan rasa terima kasih Anda bisa tersampaikan dengan baik.

Tanda atau logo pemberi plakat

Selain terdapat tulisan atau ukiran nama penerima plakat, pada umumnya sebuah plakat juga menyertakan identitas pemberi plakat. Beberapa plakat menggunakan nama pemberi plakat (yang menyelenggarakan acara), tetapi tidak sedikit juga yang menggunakan logo perusahaan sebagai identitas pada plakat.

Hal ini juga penting karena bisa menunjukkan siapakah yang memberi plakat. Dengan mengetahui pemberi plakat, maka pemateri seminar pun akan selalu teringat pengalamannya saat memberikan materi dalam seminar. Oleh karena itu, pastikanlah logo, nama, atau identitas lain diukir (atau dicetak) dengan jelas pada plakat. Sebisa mungkin Anda menggunakan warna yang sama dengan logo asli supaya tidak terjadi kekeliruan.

Ucapan terima kasih kepada pemateri seminar

Rasa terima kasih tidak akan bisa sampai pada pemateri seminar jika Anda tidak mengungkapkannya. Untuk mengungkapkan hal ini, sebaiknya Anda juga mencantumkan ucapan terima kasih kepada pemateri seminar dengan gamblang. Pilihlah kata-kata yang tulus dan bisa mengungkapkan rasa terima kasih pada penerima plakat.

Sebelum memberikan kata-kata pada pembuat plakat, ada baiknya Anda memilih kalimat yang tidak terlalu panjang. Alasannya adalah supaya ungkapan terima kasih dari Anda dan perusahaan bisa tersampaikan dengan baik pada penerima plakat. Jika merasa bingung merangkai kata-kata, diskusikanlah dengan pembuat plakat. Pada umumnya, pembuat plakat bisa menyarankan kata-kata yang tepat untuk Anda.

Sebaiknya hindari terlalu banyak tulisan

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, Anda sebaiknya menghindari terlalu banyak tulisan pada plakat. Selain susah dibaca, terlalu banyak tulisan pada plakat akan membuat informasi yang tertulis pada plakat tidak bisa dilihat dengan jelas. Ungkapan terima kasih Anda kepada pemateri seminar pun tidak akan tersampaikan dengan baik.

Apabila ada tulisan yang bisa disingkat atau memiliki padanan kata yang lebih singkat, gunakanlah kata-kata tersebut. Pertimbangkanlah untuk mengganti nama perusahaan dengan logo karena hal tersebut bisa menghemat space yang ada pada plakat. Di samping itu, logo juga lebih mudah dikenali secara cepat dibandingkan dengan tulisan. Intinya, usahakan untuk menggunakan tulisan sesedikit mungkin.

Beberapa contoh ucapan terima kasih untuk plakat

  • With our gratitude (nama pembicara)”
  • Thank you for your support in (nama acara)”
  • “Terima kasih atas partisipasinya dalam (nama acara)”
  • “(logo perusahaan) expresses the gratitude and appreciation to (nama pembicara) for the support extended to (nama acara)”
  • “(logo perusahaan) expresses the gratitude and appreciation to (nama pembicara)”

Bingung memilih plakat pemateri seminar yang tidak hanya berkesan tetapi juga mampu menyampaikan ungkapan rasa terima kasih Anda? Coba pertimbangkan plakat pemateri seminar dari Cutteristic. Berbeda dari kebanyakan plakat yang terbuat dari akrilik atau marmer, plakat pemateri seminar dari Cutteristic terbuat dari kertas PVC yang diukir dengan pisau cutter, menghasilkan sebuah plakat yang menarik, berbeda, dan tentunya mampu menyampaikan rasa terima kasih Anda kepada pemateri seminar dalam cara yang berkesan.

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit