tips membeli plakat pemateri seminar
Apa yang harus dipertimbangkan sebelum membeli plakat? – Photo Credit: Pexels

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak seminar yang diselenggarakan setiap harinya. Tidak hanya di kota-kota besar, tapi di kota-kota kecil pun sudah berani menyelenggarakan seminar dan tetap mendatangkan banyak peserta yang haus akan ilmu pengetahuan.

Tentunya ketika Anda mau membuat seminar, Anda perlu mengundang pemateri seminar karena sulit untuk mendapatkan banyak peserta seminar tanpa adanya pemateri yang andal dan sudah memiliki banyak pengalaman di bidang yang nantinya akan dibahas.

Biasanya sebagai penyelenggara, selain menyediakan tempat, waktu, dan mengundang pemateri seminar, Anda juga harus membeli hadiah untuk pemateri yang biasanya adalah plakat. Plakat ini menjadi kenang-kenangan yang diberikan kepada pemateri sebagai ucapan terima kasih karena sudah menyediakan waktunya untuk mengisi seminar yang Anda selenggarakan.

Banyak pihak yang sudah menyediakan usaha untuk pembelian plakat pemateri seminar, baik dalam bentuk toko fisik atau pun online. Untuk online sendiri, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika membeli plakat pemateri seminar. Berikut tips-tipsnya.

Memperhatikan kualitas plakat yang akan Anda beli

Pertama-tama yang harus Anda lakukan ketika mau membeli plakat secara online adalah memperhatikan kualitas plakat yang nantinya akan Anda beli. Bagaimana cara melihatnya ketika membeli lewat online? Paling mudah adalah membaca testimoni dari para pembeli sebelumnya. Apakah mereka puas dengan kualitas plakat yang sudah mereka beli? Apakah ada keluhan-keluhannya lainnya? Hal-hal itu yang harus Anda perhatikan betul.

Anda tentunya tidak mau kalau plakat yang Anda beli ketika sudah diterima di tangan Anda malah berkualitas buruk dan tidak awet. Rasanya tidak enak memberikan plakat dengan kualitas buruk kepada pemateri seminar karena Anda pastinya ingin memberikan kesan yang bagus kepadanya.

Memilih plakat sesuai dengan bujet yang ada

Tips kedua adalah Anda harus memilih plakat sesuai dengan bujet yang Anda alokasikan untuk pembelian plakat. Pertama, tentukan bujet terlebih dahulu, berapa yang bisa Anda keluarkan untuk membeli plakat. Jangan memaksa untuk keluarkan bujet sebesar-besarnya. Lakukan perhitungan keuangan dengan rinci.

Setelah mendapatkan bujet yang sudah tepat, mulailah cari plakat yang sesuai dari segi bahan, desain, sekaligus harga. Terkadang ada yang perlu penyesuaian harga sesuai dengan berapa banyak tulisan yang Anda mau, lalu penambahan gambar dan juga bahan yang ingin digunakan (bisa menggunakan plakat akrilik, resin, kristal hingga kayu). Jangan lupa bandingkan harga plakat di antara beberapa toko untuk mendapatkan harga terbaik yang masuk ke dalam bujet.

Memilih desain plakat sesuai topik acara Anda

Nomor tiga adalah Anda harus menyesuaikan desain plakat sesuai dengan topik acara yang diselenggarakan. Anda bisa mencari desain yang lebih konvensional (dengan desain kotak, segitiga, atau bulat), desain yang out of the box, desain sesuai dengan logo perusahaan, atau sesuai tema (misalnya, tema alam dengan plakat berdesain pohon). Semua bisa Anda pilih sesuai yang Anda mau.

Namun, ada yang perlu digarisbawahi juga. Jangan mencari desain yang terlalu aneh karena itu bisa menimbulkan kebingungan bagi pemateri yang menerimanya dan menimbulkan kesan yang kurang bagus. Apalagi ketika memesan lewat online, terkadang keinginan dan bayangan Anda atas desain yang Anda mau dengan apa yang dibayangkan oleh penjual tidaklah sama sehingga ketika plakat sudah jadi dan Anda terima, malah hasilnya buruk.

Memilih plakat yang berbeda daripada yang lainnya

Ketika anda surfing di internet untuk mencari para penjual plakat yang tersedia di pasaran, Anda pasti menemukan beberapa kesamaan. Khususnya dari segi desain dan tipe plakat yang dijual (plakat kayu, plakat kristal, plakat akrilik, plakat resin atau plakat kertas berbingkai). Tentunya hal itu membuat kebosanan bagi Anda sebagai calon pembeli dan juga bagi pemateri seminar yang nantinya akan menerima plakat itu karena dia pasti sudah menerima beberapa plakat yang sama sebelumnya.

Kalau begini, Anda perlu mencari plakat yang berbeda daripada yang lainnya. Plakat itu adalah plakat paper cutting. Sesuai namanya, plakat paper cutting adalah plakat yang dibuat dari teknik paper cutting atau potong kertas menggunakan cutter. Di Indonesia sudah ada beberapa penyedia jasa paper cutting. Namun, apabila ingin yang sudah terjamin kualitas dan hasil karyanya, Cutteristic sangat oke untuk dipertimbangkan.

Seluruh paper cutting di Cutteristic dikerjakan sendiri oleh sang pemilik, Dewi Kocu, secara hand-made. Memulai Cutteristic sejak 2011, Dewi Kocu telah menghasilkan lebih dari 6000 karya paper cutting untuk 300 perusahaan ternama. Jadi, tidak ada yang perlu Anda khawatirkan soal kualitasnya.

Berbekal tips di atas, semoga Anda bisa segera mendapatkan plakat pemateri seminar yang benar-benar tepat dan sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk rajin melakukan riset untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pemesanan plakat pemateri seminar.

Related Post

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit