memberi hadiah untuk diri sendiri

 

Anda mungkin pernah melihat atau mendengar cerita tentang orang-orang yang memberi hadiah untuk diri sendiri. Hal ini mungkin akan terlihat aneh karena biasanya hadiah memang diberikan kepada orang lain. Padahal anggapan tersebut tidak selamanya benar. Ada beberapa pertimbangan yang membuat pemberian hadiah untuk diri sendiri justru harus lebih sering dilakukan. Berikut ini beberapa manfaat dari hadiah untuk diri sendiri.

Bentuk apresiasi untuk diri sendiri

Dalam hidup, apapun yang Anda lakukan tentu ingin mendapatkan apresiasi dari orang di sekitar. Entah itu tentang karir, pendidikan, atau bahkan dalam kehidupan percintaan. Namun, sayangnya terkadang ekspektasi yang Anda tetapkan terlalu tinggi sehingga bentuk apresiasi yang diharapkan pun tak kunjung muncul.

Jika hal ini terjadi pada Anda, maka memberi hadiah untuk diri sendiri patut dipertimbangkan. Dengan membeli sendiri hadiah yang diinginkan, maka tidak ada lagi namanya kekecewaan atau tidak sesuai ekspektasi. Anda yang paling tahu tentang diri sendiri, maka saat menginginkan apresiasi, diri sendirilah yang paling tepat untuk melakukannya.

Mengurangi tingkat stres

Aktivitas yang padat tentu akan membuat Anda lebih rentan terserang stres. Tugas kerja yang menumpuk, jalanan yang macet, hingga suasana rumah yang tidak kondusif bisa menjadi penyebab naiknya tingkat stres Anda. Padahal jika tidak segera ditangani, stres bisa merembet dan tumbuh menjadi penyakit lain. Untuk itu, Anda perlu segera mengurangi tingkat stres.

Selain sebagai bentuk apresiasi, memberi hadiah untuk diri sendiri ternyata juga bisa membantu Anda mengurangi tingkat stres. Bayangkan saja jika Anda memberikan hadiah berupa liburan untuk diri sendiri. Aktivitas liburan yang tenang dan menyenangkan tentu akan membuat pikiran terbebas dari rasa penat dan jenuh. Anda pun bisa merasa lebih segar setelah pergi liburan. Tingkat stres juga akan ikut turun jika suasana hati membaik.

Investasi untuk masa depan

Untuk bisa memiliki usia senja yang gemilang, Anda harus melakukan investasi dari sekarang. Selama ini, banyak yang salah kaprah bahwa investasi untuk hari tua harus berupa uang dan harta, tetapi juga kesehatan diri sendiri. Oleh karena itu, salah satu manfaat memberi kado untuk diri sendiri adalah  investasi untuk masa depan.

Begini pemikiran sederhananya. Hadiah yang diberikan untuk diri sendiri tentu merupakan benda yang benar-benar Anda butuhkan. Benda-benda tersebut, entah disadari atau tidak, tentu akan membuat suasana hati Anda menjadi baik. Di saat suasana hati baik, maka tubuh akan memproduksi hormon yang baik untuk kesehatan, pikiran pun akan menjadi segar kembali. Dengan kondisi kesehatan jiwa dan raga yang terus terjaga seperti ini, maka Anda dipastikan akan lebih siap menghadapi hari tua nanti.

Meningkatkan rasa percaya diri

Rasa percaya diri bukanlah sebuah hal yang otomatis didapat saat seseorang dilahirkan. Kemampuan ini bisa ada hanya jika dibentuk dan diasah. Jika Anda memiliki masalah dengan kepercayaan diri yang rendah, maka cobalah untuk mulai memberi kado bagi diri sendiri. Bagaimana hal ini berhubungan?

Seperti yang telah disebutkan pada poin pertama, hadiah untuk diri sendiri adalah sebuah apresiasi. Apresiasi dari diri sendiri adalah bentuk penerimaan diri yang paling baik karena hal tersebut menjadi penanda bahwa Anda sudah memahami kelebihan sekaligus kekurangan diri sendiri. Saat Anda sudah memahami hal tersebut, maka untuk meningkatkan rasa percaya diri pun bukan masalah sulit lagi.

 

Anda mungkin merasa aneh dengan tindakan memberi hadiah untuk diri sendiri. Padahal tidak ada salahnya sama sekali jika Anda memberikan kado bagi diri sendiri. Dari pembahasan di atas, Anda bisa tahu bahwa tindakan ini juga dapat memberikan manfaat. Jadi, sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan kebiasaan memberi hadiah untuk diri sendiri dari sekarang.

 

4 Manfaat Memberi Hadiah untuk Diri Sendiri – Photo Credit: Unsplash

Related Post

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit