Posted on March 11, 2015 by Yeffrie Yundiarto Prahadi

Cutteristic - Gapura Google UKM 3
Google Indonesia akan menggelar program GAPURA untuk para pelaku usaha kecil dan menengah di Tanah Air. Lebih dari 2.500 UKM di 5 kota besar di Indonesia diundang untuk mendalami pengetahuan seputar teknologi dan potensinya dalam membangun usaha di dunia maya. Program ini akan dimulai pada 28 Maret mendatang di Jakarta, kemudian diikuti dengan Bandung (11 April), Surabaya (11 April), Denpasar (29 April), dan Makassar (9 Mei). Inilah workshop gratis para para pelaku UKM yang digelar atas inisiatif Google bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, pemerintah lokal setempat, idEA, dan SMESCO.

 

Dari hasil riset Access Markets International (AMI), ada 55,2 juta UKM di Indonesia hingga akhir tahun 2013. Namun, baru 75.000 UKM diantaranya yang telah memanfaatkan internet sebaga sarana promosi, pemasaran, dan lainnya. Padahal, 4,6 juta pengguna internet di Indonesia aktif melakukan transaksi belanja via online (e-commerce). Inilah latar belakang Google memprakarsai GAPURA, untuk bisa membantu memberikan edukasi gratis kepada UKM di Indonesia, agar mampu memanfaatkan momentum teknologi yang terus berkembang. Salah satu materi yang diberikan adalah membangun kehadiran bisnis di dunia maya melalui web, mobile, dan aplikasi.

 

“Google sangat senang bisa mengadakan acara ini untuk kedua kalinya. Kami berharap akan lebih banyak pelaku bisnis lokal bisa hadir tahun ini,” kata Shinto Nugroho, Head of Public Policy and Government Relations Google di Indonesia. “Ini adalah kesempatan besar bagi pemilik bisnis kecil dan menengah untuk mencari tahu informasi penting yang dapat membantu bisnis mereka terus berkembang.”

 

Pada perhelatan GAPURA yang kedua kalinya ini, ada sederet pembicara top yang akan meramaikan workshop tahun ini. Sebut saja Diajeng Lestari, CEO Hijup.com, Dewi Kucu, pemilik Cutteristic, Mochamad Takdis, Owner dari Whatever Backpacker. Ada juga pembicara dari Google, yakni Shinto sendiri dan Henky Prihatna, Industry Head di Google Indonesia. Bagi UKM yang ingin mendaftar dan melihat detil program GAPURA di 5 kota, silakan mengunjungi https://sites.google.com/a/kibar.co.id/gapura-2015/.

 

Dari data Kementerian Koperasi & UKM, jumlah wirausaha di Indonesia saat ini baru mencapai 0,43% dari total populasi usia produktif. Angka ini sangat jauh tertinggal dibandingkan dengan beberapa negara tetangga, seperti Singapura yang jumlah wirausahanya sudah mencapai 7%, Malaysia 5 %, dan Thailand 3 %. “Indonesia harus bisa bertambah, minimal harus bisa mencapai 2 % dari total populasi,” kata Menteri Koperasi & UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

You might also like this

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit